Skip to main content

15 Kiat untuk Mengembangkan Saluran YouTube Anda

Tips Dan Trik Mengembangkan Saluran Youtube

Ingin menghasilkan konten YouTube yang ramah algoritme?

Ingin tahu cara menarik pemirsa dan membuat mereka tetap menonton?

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan 15 kiat dan taktik untuk mengoptimalkan konten video YouTube Anda di setiap tahap proses produksi video.



1: Berkomitmen untuk Memposting ke YouTube Beberapa Kali Per Minggu

Laporan terbaru menunjukkan bahwa saluran YouTube yang memposting lebih dari satu kali seminggu berkinerja jauh lebih baik dan mendapatkan lebih banyak tayangan yang disarankan. Jika memungkinkan, posting video ke YouTube tiga kali atau lebih per minggu , terutama jika Anda baru memulai dan mencoba membangun audiens. Menjaga jadwal rutin dengan beberapa pos per minggu dapat meningkatkan saluran Anda dengan cepat dalam algoritme.

Membuat banyak konten di awal pada topik serupa akan membantu saluran Anda berkinerja baik dalam algoritme, dan juga membuat pustaka konten yang akan mengantar pemirsa dari satu video ke video lain , meningkatkan waktu menonton Anda dan memberi mereka alasan untuk berlangganan.

2: Kembangkan Alur Produksi Video Berkelanjutan

Anda mungkin membuat film dan video pendek yang layak untuk Oscar, tetapi jika setiap video memerlukan waktu 6 bulan untuk diproduksi, video Anda tidak akan menumbuhkan saluran YouTube Anda. Upload video reguler pada waktu yang akrab adalah apa yang membuat orang kembali lagi.

Jenis video apa pun yang ingin Anda buat, pilih konten yang dapat Anda kembangkan dan buat secara rutin dan temukan cara untuk menyederhanakan alur kerja produksi Anda , apakah itu menyiapkan studio, membuat template pengeditan, atau mempekerjakan asisten atau tim produksi. Terus perbaiki topik dan alur kerja produksi Anda sampai proses Anda adalah mesin yang diminyaki dengan baik.

Kiat: Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menyiapkan studio video kecil  sehingga ketika tiba waktunya untuk mengambil gambar, Anda cukup menyalakan lampu dan memulai.

3: Mulailah Setiap Video Dengan Kait Yang Menarik

Bagaimana Anda memikat pemirsa tergantung pada Anda dan konten Anda. Jika suatu video menampilkan proyek apa pun, tunjukkan hasil akhirnya terlebih dahulu . Hasil yang menakjubkan membuat orang lebih tertarik untuk melihat bagaimana Anda mencapainya.  Pendekatan ini sangat bagus untuk video DIY dan makeover.  Misalnya, Cute Girls Hairstyles  selalu dimulai dengan menunjukkan hasil akhir sebelum menjelaskan cara membuat gaya rambut.

Cerita adalah cara lain untuk menarik minat pemirsa . Orang dipersiapkan untuk cerita. Ketika Anda memulai video Anda dengan sebuah cerita , orang-orang akan secara alami ingin bertahan untuk melihat apa yang terjadi. Selain itu, kisah-kisah pribadi memikat presenter kepada pemirsa dan sering dapat membantu anda untuk ide-ide yang lebih rumit.

Untuk menunjukkan, Michael dari VSauce adalah seorang ahli dalam memulai videonya dengan cerita atau ide menarik yang mengarah ke subjek.

Namun Anda memikat pemirsa, pastikan pembuka Anda berhubungan langsung dengan subjek . Pemirsa mengklik karena mereka tertarik, jadi cepatlah masuk ke subjek yang ingin mereka dengar di tempat pertama .

Anda mungkin telah melihat YouTuber menciptakan intrik dengan memulai dengan cerita atau fakta yang tampaknya benar-benar di luar topik dan kemudian menghubungkannya dengan topik. Taktik ini bekerja paling baik ketika Anda sudah memiliki banyak penonton yang mempercayai Anda.

4: Pertahankan Judul dan Buka Kredit Singkat

Rentang perhatiannya pendek.  Judul panjang atau urutan kredit di awal video dapat menyebabkan orang kehilangan minat. Juga, pembuka yang panjang tidak menganjurkan pesta karena orang-orang tidak ingin menonton urutan panjang yang sama berulang kali.

Sebagai gantinya, buat judul pembuka dan kredit Anda pendek dan kuat. Buat seluruh pembuka tidak lebih dari 5 detik . Sebagai contoh yang bagus, urutan judul Crystal Joy adalah singkat, manis, dan sangat unik.

5: Tambahkan Layar Akhir untuk Mempromosikan Video, Saluran, atau Situs Web Anda

Layar akhir adalah grafik interaktif yang menautkan ke video lain, daftar putar, saluran, atau halaman web, atau meminta seseorang untuk berlangganan saluran Anda. Seperti yang disarankan oleh nama fitur, Anda dapat menambahkan layar akhir  hanya dalam 20 detik terakhir dari video Anda, jadi Anda harus merencanakan di mana layar akhir akan muncul .

Salah satu pilihan adalah membingkai subjek video Anda sedemikian rupa sehingga Anda memiliki ruang untuk layar akhir .  Berbicara di layar akhir akan terus melibatkan pemirsa.

Layar akhir cenderung berfungsi paling baik jika presenter di layar masih berbicara dan memberikan informasi kepada pemirsa. Jika Anda hanya memotong ke layar dengan warna atau desain dan tidak ada informasi baru, pemirsa cenderung mengklik halaman.  Pemirsa YouTube agak terkondisi untuk melakukan itu sekarang.  Jika Anda terus memberikan informasi , itu akan memberi pemirsa alasan untuk bertahan .

Memperpanjang Durasi Sesi Dengan Layar Akhir Video atau Daftar Putar

Karena YouTube ingin mempertahankan orang di platform, durasi sesi penting untuk algoritme. Durasi sesi adalah jumlah waktu yang dihabiskan pemirsa untuk menonton video. Jika Anda menambah panjang sesi dengan mengirim pemirsa ke video atau daftar putar YouTube lain (meskipun itu bukan salah satu dari Anda), video Anda akan ditingkatkan dalam algoritme.

Masukkan beberapa pemikiran ke tempat pemirsa akan pergi setelah menonton video Anda  dan mengirim mereka ke sana melalui layar akhir (dan tautan dalam deskripsi video). Marques Brownlee melakukan pekerjaan yang baik untuk mengarahkan orang-orang dari videonya ke video lain tentang topik yang sama melalui layar akhir seperti yang diperlihatkan di sini:

Untuk menambahkan layar akhir di Creator Studio , buka Pengelola Video , klik panah tarik-turun di samping video  yang ingin Anda tambahkan layar akhir, dan pilih Layar & Anotasi Akhir .

Cara lain untuk masuk ke layar Info & Pengaturan adalah dengan mengklik salah satu video Anda di Creator Studio dan memilih Layar Akhir & Anotasi di bagian atas halaman.

Di halaman Akhir Layar & Anotasi, timeline secara otomatis akan snap hingga 20 detik sebelum akhir video. Untuk menambahkan layar akhir yang akan memperpanjang waktu sesi , klik Tambah Elemen , lalu klik tombol Buat di samping Video atau Daftar Putar .

Selanjutnya, pilih salah satu dari tiga opsi untuk menambahkan daftar putar Anda :

◾ Unggahan Terbaru akan ditautkan ke video terbaru Anda .

◾ Penampil Terbaik akan memungkinkan Google memilih video terbaik  berdasarkan kebiasaan menonton di masa lalu.
Selanjutnya, pilih salah satu dari tiga opsi untuk menambahkan daftar putar Anda :

◾ Pilih Video atau Daftar Putar memungkinkan Anda memilih video atau daftar putar tempat Anda ingin mengirim penampil .

Penelitian telah menunjukkan bahwa Best for Viewer berfungsi dengan sangat baik. Itu tidak mengherankan karena opsi ini didasarkan pada kebiasaan menonton seseorang. Tetapi jika video adalah bagian dari seri, pastikan Anda mengarahkan pemirsa ke video berikutnya dalam seri itu atau ke daftar putar sehingga mereka dapat menonton seluruh rangkaian secara berurutan.

Promosikan Saluran Anda atau Situs Web Dengan Langganan, Saluran, atau Layar Ujung Tertaut.

Jika Anda menambahkan layar akhir video atau daftar putar, Anda juga dapat menambahkan jenis layar akhir lainnya. Seperti yang ditunjukkan di atas, Anda dapat menambahkan subscribe, saluran, atau layar akhir yang tertaut. (Perhatikan bahwa jika Anda hanya ingin menampilkan tautan berlangganan atau tautan ke situs web Anda di layar akhir, Anda kurang beruntung. Anda harus menyertakan tautan ke video atau daftar putar.)

Layar akhir berlangganan akan menyisipkan tautan untuk orang-orang berlangganan ke saluran Anda . Layar akhir ini bulat dan secara default menampilkan gambar profil Anda. Tidak ada alasan untuk tidak menyertakan tombol berlangganan.

Pastikan Anda mengarahkan pemirsa ke tombol langganan dengan cara tertentu , karena tidak ada yang memberi tahu pemirsa apa itu. Anda dapat menjelaskan apa layar akhir berlangganan dengan berbicara di layar atau menyertakan grafik yang menjelaskan tujuan layar akhir.

Layar akhir saluran memungkinkan Anda mempromosikan saluran lain , yang sangat berguna dalam kolaborasi. Jika video adalah kolaborasi dengan pembuat konten lain, Anda dapat menautkan pemirsa ke saluran mereka serta saluran Anda sendiri, seperti yang ditunjukkan pada contoh di bawah ini. Jika Anda hanya ingin mengarahkan orang ke saluran yang Anda kagumi, Anda juga dapat melakukannya.

Layar akhir yang tertaut memungkinkan Anda menambahkan tautan ke situs web terkait , termasuk situs merchandising, platform crowdfunding seperti Kickstarter atau Patreon, atau situs web Anda sendiri.

Situs web terkait harus menjadi milik Anda, dan YouTube memiliki proses untuk menyiapkan situs yang terkait . Setelah Anda membuat situs web dengan YouTube , Anda dapat mengirim pemirsa secara harfiah di mana saja melalui pengalihan . Plugin untuk WordPress mempermudah pembuatan arahan ulang.

Sebagai aturan pemasaran umum, semakin banyak ajakan bertindak (CTA) yang Anda berikan, semakin kecil kemungkinan orang memilih salah satu dari mereka. Jadi, ada baiknya untuk menambahkan tidak lebih dari tiga tautan ke layar akhir Anda .

Kiat: Saat Anda memikirkan layar akhir apa yang akan digunakan, fokuslah pada sasaran Anda untuk video . Apakah Anda ingin mendapatkan lebih banyak pelanggan? Tingkatkan saluran Anda dalam algoritme? Jual sesuatu? Memiliki tujuan dalam pikiran sejak awal adalah kebiasaan yang baik untuk dikembangkan. Dengan cara itu Anda dapat menyusun video dan pengoptimalan di sekitar sasaran itu .

Mengimpor Templat Layar Akhir dari Video Sebelumnya

Setelah Anda menyempurnakan strategi layar akhir Anda, Anda dapat menghemat waktu dengan mengimpor template dari video sebelumnya. Yang harus Anda lakukan adalah klik Impor Dari Video dan pilih video dari mana Anda ingin mengimpor layar akhir . Fitur ini membuat penerapan layar akhir menjadi cepat dan mudah, terutama jika Anda memiliki template layar akhir yang berkinerja baik.

Untuk memantau keberhasilan elemen layar akhir Anda dan perbaiki strategi Anda berdasarkan data Anda, buka Analytics di Creator Studio dan pilih Layar Akhir untuk melihat mana yang berkinerja terbaik .  Kemudian, jelas, lakukan lebih banyak dari apa yang berhasil.

Menambahkan Layar Akhir Versus Anotasi atau Kartu

Hingga baru-baru ini, efek yang Anda buat dengan layar akhir dibangun melalui anotasi. Karena anotasi dibakar ke dalam video, Anda tidak dapat mengeditnya nanti. Selain itu, anotasi tidak berfungsi di seluler. Namun, layar akhir ramah seluler dan YouTube kemungkinan akan menghapus anotasi secara keseluruhan di tahun-tahun mendatang.

Kartu YouTube berbeda dari layar akhir karena Anda dapat menggunakannya untuk menautkan sesuatu di tengah-tengah video .  Memang, YouTube mengatakan kartu ditekan  sementara layar akhir muncul.

6: Edit Gangguan Keluar dari Video Anda

Lama berhenti, berkelok-kelok berbicara, memantul dari satu subjek ke subjek lain, atau sekadar membosankan dapat membuat orang mulai melihat video yang direkomendasikan untuk sesuatu yang lebih menarik. Jaga agar tangents menjadi minimum , dan jika Anda membelok dari topik, pastikan itu menarik baik secara visual atau dengan sebuah cerita. Jangan memberi pemirsa alasan untuk mengeklik .

Untuk menghindari gangguan dan menjaga video Anda secara cepat dan menarik , Anda dapat dengan cepat memotong dari satu potret ke yang lain seperti Devinsupertramp . Untuk membuat potongan, Anda tidak perlu merekam film dengan beberapa kamera. Anda juga dapat menggunakan teks atau transisi yang datang dengan editor video dasar .

7: Desain Thumbnail Video Pengguna YouTube Ingin Mengklik

Thumbnail, lebih dari faktor lainnya, dapat membuat atau menghancurkan kesuksesan Anda di YouTube. Mengapa?  Video yang disarankan.

Video yang disarankan adalah sumber utama lalu lintas organik di YouTube. Saat seseorang menonton video di YouTube, gambar mini video Anda harus menonjol ketika itu adalah video yang disarankan di sidebar kanan. Ketika video Anda muncul sebagai video yang disarankan, YouTube pada dasarnya mendukungnya dengan mengatakan bahwa seseorang yang menonton video lain mungkin juga menikmati video Anda.

Selain itu, jika video Anda menarik klik sebagai video yang disarankan, kemampuan kliknya kemungkinan akan mendaftar dengan algoritme YouTube. Ingat bahwa lebih dari apa pun di dunia, YouTube ingin pemirsa untuk mengeklik video lain. Jadi mereka akan merekomendasikan video yang paling mungkin mendapatkan klik itu.

Buat Thumbnail Yang Menjanjikan.

Pertama dan terpenting, buat thumbnail sesuai dengan judul dan konten video. Tidak ada yang membuat orang mengeklik lebih cepat daripada video yang tidak ada hubungannya dengan thumbnail. Pemirsa merasa tertipu. Anda tidak hanya akan mengasingkan audiens Anda, tetapi Anda juga memiliki waktu tonton yang rendah, yang paling dihargai oleh algoritma YouTube.

Buat Penonton Bertanya-tanya Apa Selanjutnya

Cobalah untuk menceritakan kisah dengan gambar mini Anda. Tampilkan gambar yang mengatur atau menggoda suatu situasi . Buat pemirsa bertanya-tanya apa yang terjadi selanjutnya, atau apa yang terjadi sebelumnya. Gambar mini Amy Schmittauer ini dengan kata-kata "I Quit" mengisahkan cerita yang melengkapi judul video. Jika Anda dapat menampilkan gambar yang berisi beberapa tindakan atau gerakan sejenis, bahkan lebih baik.

Perlu diingat bahwa thumbnail hanya setengah dari cerita.  Setengah lainnya adalah judul.  Penjajaran judul dan gambar mini yang cerdik dapat sangat membantu meningkatkan minat pemirsa.

Desain Kecil

Banyak orang membuat thumbnail video 1280 x 720 piksel sesuai rekomendasi YouTube . Gambar terlihat bagus, tetapi tidak ada yang pernah melihat thumbnail pada ukuran itu di YouTube. Meskipun Anda ingin ukuran piksel mengikuti rekomendasi YouTube, Anda masih harus mendesain citra untuk ukuran tampilan yang lebih kecil .

Untuk memeriksa bagaimana tampilan thumbnail Anda di YouTube, selalu perkecil tampilan  sehingga Anda melihat gambar di layar dengan ukuran yang akan muncul di YouTube . Anda ingin memastikan gambar thumbnail masih masuk akal dan menonjol ketika ukuran prangko.

Jika tidak, beberapa pengeditan gambar sederhana mungkin bisa membantu. Coba memotong gambar ke area yang lebih kecil atau membuat warna super jenuh  , seperti pada contoh di sini.  Selain itu, alat Pertajam dapat menentukan tepi gambar Anda .  Pada ukuran besar, pengeditan ini mungkin terlihat buruk, tetapi pada ukuran yang akan dilihat pemirsa, gambar Anda akan menonjol.

Buat Tampilan dan Nuansa Konsisten

Ketika semua gambar mini Anda memiliki tampilan yang konsisten, orang dapat mengenali video Anda dalam sekejap.  Konsistensi ini mungkin termasuk font teks yang serupa, logo, warna yang dikenal, elemen bentuk atau desain, atau wajah orang yang sama. Apa pun yang Anda pilih, temukan sesuatu yang konsisten dan tetap dengan gaya pada semua thumbnail Anda .

Konsistensi sangat kuat karena mengajarkan orang-orang untuk mencari elemen yang familier di gambar mini Anda, dan jika mereka menyukai konten Anda, mereka akan lebih mungkin untuk memeriksanya. Dengan menambahkan logo di tempat tertentu, gambar mini video HP  menonjol sekilas:

Emosi

Kegembiraan adalah emosi yang paling banyak ditanggapi orang.  Ketika kami melihat seseorang menunjukkan antusiasme, itu membuat kami ingin tahu mengapa mereka bersemangat dan mungkin bergabung jadi kami akan merasa senang juga.

Tidak ada yang menjual kesenangan lebih dari mata, jadi tunjukkan wajah gembira dan fokus pada mata . Video Anda akan mendapatkan respons yang jauh lebih baik.

8: Uji Opsi Thumbnail Dengan AdWords

Pada akhirnya, Anda tidak akan tahu apakah thumbnail akan berfungsi kecuali jika Anda mengujinya. Buat beberapa opsi  untuk menguji gambar mini Anda dengan Google AdWords .

Kemudian, belanjakan $ 10 per hari selama sekitar satu minggu  untuk melihat gambar mini mana yang mendapat rasio lihat-tayang tertinggi (VTR) . Taktik ini sangat bermanfaat jika Anda menjalankan kampanye atau mengambil keuntungan dari acara tentpole.

Di YouTube Analytics, tampilan Video yang Disarankan dapat membantu Anda memeriksa keberhasilan atau kemajuan gambar mini Anda. Untuk mengelompokkan video yang ingin Anda uji , buka Creator Studio dan buka Analytics> Ikhtisar . Di kanan atas, klik Grup  dan pilih Buat Grup Video dari menu drop-down.

Dari sana, Anda dapat membuat grup video serupa .

Selanjutnya, pilih Sumber Lalu Lintas di area Analytics dan kemudian Video yang Disarankan  untuk melihat video mana dalam grup Anda memiliki kinerja terbaik. Temukan persamaan di antara video yang berkinerja terbaik , buat elemen-elemen tersebut menjadi thumbnail di masa mendatang , dan lihat cara kerjanya. Anda dapat belajar banyak melalui proses ini.

9: Replikasi Topik atau Taktik Dari Video Pertunjukan Teratas

Tidak ada pengganti untuk penelitian hidung-ke-the-grindstone. Lakukan analisis mendalam terhadap analytics Anda untuk mengetahui video mana yang mendapatkan konversi paling banyak per penayangan . Carilah pola di antara mereka , seperti subjek, pengiriman, atau gaya pengeditan. Kemudian buat lebih banyak video seperti itu.

Untuk menemukan video konversi tertinggi di Creator Studio, buka Analytics , klik Subscribers , lalu klik Halaman Tonton YouTube .

Di daftar yang muncul, lihat video mana yang paling menarik pelanggan .

Jika Anda ingin lebih rinci, Anda bisa mendapatkan rasio pelanggan dengan membagi jumlah pelanggan dengan jumlah total penayangan untuk setiap video. Ketahuilah bahwa jumlahnya akan sangat rendah karena sebagian besar orang berlangganan di halaman saluran.

10: Buat Video Panjang untuk Meningkatkan Waktu Tontonan

Meskipun Anda ingin membuat kredit Anda singkat, buat konten video Anda yang sebenarnya selama masuk akal untuk topik Anda . Membuat video panjang tampak kontraintuitif, mengingat rentang perhatian yang terkenal pendek online. Memang, video pendek dianggap lebih baik. Tapi hari ini, video yang lebih panjang setara dengan lebih banyak waktu tonton, yang meningkatkan konten Anda dalam algoritme.

Akhirnya, panjang yang tepat untuk sebuah video cukup panjang untuk mendapatkan semua informasi di seluruh tanpa padding video Anda .  Jangan membuat video lebih lama hanya demi membuatnya lebih lama karena Anda akan kehilangan pemirsa. Tetapi Anda ingin mengembangkan konten video Anda dengan video yang lebih panjang dalam pikiran.  Secara umum, video dari 7-15 menit cenderung berkinerja terbaik.

PBS Space Time adalah saluran yang populer dengan banyak video yang masuk ke kisaran umum 7-15 menit, tetapi juga memiliki video yang lebih panjang yang berlangsung hampir 20 menit. Anda bahkan menemukan saluran yang secara teratur memposting video berdurasi 30 menit.

Memahami Waktu Tontonan

Waktu menonton pada dasarnya berarti jumlah waktu yang dihabiskan orang untuk menonton video Anda. Algoritme YouTube menghargai waktu menonton karena YouTube yakin orang-orang akan menonton video lebih lama jika kualitasnya tinggi. Jika video berkualitas rendah atau menyesatkan, pemirsa akan dengan cepat mengekliknya.

Saat Anda mengaudit saluran Anda , metrik Retensi Pemirsa memberi tahu Anda waktu tonton untuk masing-masing video.  Video yang memiliki retensi pemirsa yang tinggi akan dipromosikan dalam algoritme, dan saluran dengan waktu tonton yang tinggi (berarti video mereka secara konsisten mendapatkan retensi lebih tinggi) akan melihat video mereka lebih menonjol di platform.

11: Go Live di YouTube

Live-streaming adalah cara yang bagus untuk memompa konten tanpa menghabiskan banyak waktu di atasnya. Meskipun live-streaming memiliki kurva belajar yang pasti, setelah Anda menguasai formatnya, video langsung adalah cara termudah untuk membuat konten video.

Live-streaming sangat didukung di semua platform media sosial.  (Di YouTube, fitur video langsung adalah YouTube Live .) Format video ini memberikan peluang keterlibatan yang sangat baik karena Anda dapat berkomunikasi langsung dengan audiens Anda. Video langsung juga memiliki waktu tonton yang lama.

Untuk mulai berbagi video langsung, Anda dapat menggunakan ponsel cerdas atau webcam Anda untuk siaran langsung . Bahkan webcam yang relatif murah masih bisa memberikan video berkualitas tinggi.

12: Gunakan Tiga Jenis Video dalam Campuran Konten Anda

Dengan strategi "Hub, Hero, Tolong", Anda memposting video yang memiliki satu dari tiga sasaran: melayani komunitas di sekitar saluran, dapat dibagikan, atau melakukan penelusuran .  Anda menambahkan video ini ke kalender konten Anda dalam berbagai interval: memposting video hub bulanan, video pahlawan setiap tiga bulan, dan membantu video setiap minggu.

Video Hub berfokus pada komunitas dan dirancang untuk menciptakan ikatan yang kuat di antara pemirsa Anda dan Anda , serta pemirsa Anda dan satu sama lain. Dalam video hub, Anda dapat menanggapi komentar , menjawab pertanyaan, berinteraksi melalui video langsung, memulai proyek yang memerlukan partisipasi pemirsa, atau berbagi kisah pribadi yang memberikan penggemar di balik layar mengintip saluran Anda.

Video pahlawan adalah video tentpole yang dirancang untuk menjadi sangat sukses. Video-video ini sering berfokus pada materi topik seperti liburan dan acara berita . Masukkan upaya ekstra ke dalam video pahlawan untuk meningkatkan kemungkinan orang-orang akan membagikannya di media sosial dan / atau blog, dan media lain mengambilnya.

Video bantuan dirancang untuk memiliki konten yang sangat dapat ditelusuri yang memberikan nilai yang dapat ditindaklanjuti. Misalnya, buat video DIY, cara-cara, saran, dan pemecahan masalah . Untuk ini, fokus pada niat pencarian untuk dapat ditemukan.

Untuk membantu memilih topik untuk video pahlawan dan bantuan, Google Trends adalah sumber yang bagus untuk topik yang sedang tren dan konten yang sangat ditelusuri.

13: Kembangkan Video sebagai Seri

Tidak ada yang meningkatkan waktu tonton seperti pesta mabuk-mabukan. Pada akhirnya, Anda ingin menciptakan pengalaman "lean back" bagi pemirsa Anda untuk berjalan mulus dari salah satu video Anda ke yang berikutnya. Daftar putar seri adalah salah satu cara terbaik untuk melakukan ini, namun merupakan alat yang kurang dimanfaatkan di YouTube.  Untuk menggunakannya, Anda perlu seri.

Anda dapat mengembangkan seri berdasarkan konten yang telah berkinerja baik . Memang, banyak saluran YouTube yang sukses memiliki lebih dari satu seri, masing-masing dengan fokus topik khusus dan bahkan gaya gambar mini yang berbeda.  Untuk mengilustrasikan, Roberto Blake menggunakan satu gaya thumbnail untuk unboxing dan ulasan teknis, dan satu lagi untuk tutorial:

Saat Anda memposting video dalam seri Anda, Anda dapat menambahkannya ke daftar putar seri. Ketika Anda menggunakan daftar putar seri, YouTube akan secara otomatis menambahkan video berikutnya di daftar putar ke bagian Berikutnya di bagian atas rekomendasi. Dan jika pemirsa mengaktifkan putar otomatis, video dalam daftar putar seri Anda akan diputar satu demi satu.

Untuk mengubah daftar putar menjadi daftar putar seri di Creator Studio, buka Pengelola Video dan klik Daftar Putar .

Kemudian klik tombol Edit di sebelah daftar putar yang ingin Anda ubah .

Di layar edit, klik Pengaturan Daftar Putar di dekat bagian atas layar. Dalam kotak dialog Pengaturan Daftar Putar, pilih  kotak centang Setel sebagai Seri Resmi untuk Daftar Putar Ini .

Satu catatan tentang daftar putar seri: Meskipun video dapat berada dalam daftar putar sebanyak yang Anda mau (dan menambahkan setiap video setidaknya tiga daftar putar disarankan), video hanya dapat berada dalam satu daftar putar seri. Jadi pastikan daftar putar seri Anda adalah kategori tingkat tinggi dan dapatkan lebih spesifik di daftar putar reguler Anda .

14: Berkolaborasi dengan YouTuber Lainnya

Kolaborasi adalah video yang dibagikan di antara banyak pembuat konten dan merupakan salah satu cara paling efektif untuk memperluas pemirsa Anda di YouTube. Baik Anda seorang merek atau YouTuber (atau keduanya!), Bekerja dengan pembuat konten lain akan memaparkan saluran Anda kepada orang-orang yang kemungkinan besar tidak akan pernah mendengar tentang Anda.

Bukti sosial memiliki pengaruh yang kuat pada orang. Ketika pembuat konten bekerja sama dengan pembuat konten lain, ini merupakan dukungan kepada pemirsa mereka. Hanya cukup bagi pemirsa untuk memeriksa saluran Anda, dan jika mereka menyukai konten Anda, Anda mendapat pelanggan baru.

Orang sering lupa bahwa YouTube adalah jaringan sosial pertama dan utama. Dan beberapa pembuat konten terbesar menjadi populer dengan promosi silang dan bekerja sama.  Jadi sementara itu mungkin mudah untuk membiarkan sisi kompetitif Anda mengambil alih ketika Anda melihat saluran mendapatkan lebih banyak perhatian atau tumbuh lebih cepat dari saluran Anda, cobalah untuk melihat pertumbuhan mereka sebagai kesempatan bagi Anda untuk tumbuh bersama mereka.

Tetapi Anda tidak dapat berkolaborasi dengan sembarang orang. Anda perlu mempertimbangkan beberapa poin kolaborasi yang lebih baik ketika melihat taktik ini untuk mengembangkan saluran Anda.

Temukan Saluran Dengan Pemirsa Serupa Tapi Konten Yang Berbeda

Anda ingin kolaborator yang memiliki audiens serupa tetapi konten yang berbeda. Tanyakan kepada pemirsa siapa lagi yang mereka sukai untuk menonton  dan mencari nama dan berbagi video di komentar .

Selain itu, alat seperti Blade Sosial dapat membantu Anda mengidentifikasi ukuran saluran dan demografi dan menemukan siapa yang melayani audiens yang sama dengan Anda . Metrik yang ingin Anda cari mencakup usia, jenis kelamin, minat, lokasi, dan keterlibatan.

Kolaborasi YouTube yang paling sukses adalah saluran yang memiliki pemirsa serupa tetapi mencakup konten yang sepenuhnya berbeda dari Anda, karena penonton tidak akan mendapatkan pengulangan materi pelajaran Anda di saluran mereka. Faktanya adalah bahwa kita semua memiliki banyak kepentingan, termasuk audiensi Anda. Jadi di mana saja Anda dapat menemukan tumpang tindih adalah peluang besar untuk pertumbuhan.

Misalnya, saluran pendidikan sains dapat berbagi pemirsa dengan saluran film sci-fi. Saluran game dapat berbagi pemirsa dengan saluran ulasan teknologi.  Saluran keluarga mungkin membagikan pemirsa dengan saluran peninjauan mainan, dan seterusnya.

Carilah Saluran Itu Ukuran yang Tepat

Umumnya, Anda ingin menemukan saluran yang sedikit lebih besar dari saluran Anda, tetapi tidak terlalu besar .  Saluran super besar diminta untuk melakukan kolaborasi sepanjang waktu dan biasanya hanya bekerja dengan orang yang mereka kenal (jadi kenali mereka jika Anda bisa!).

Bekerja dengan saluran yang lebih kecil bisa menjadi sangat bagus jika mereka cocok dan terutama jika mereka tumbuh cepat, karena YouTuber kecil saat ini bisa menjadi bintang terobosan besar besok.

Bekerja Sama Dengan Beberapa Pembuat Konten

Kolaborasi tidak harus hanya berupa kesepakatan dua orang.  Beberapa pembuat konten dapat bersama-sama untuk video dan mendapatkan eksposur ke banyak pemirsa. Tyler Oakley  sering berkolaborasi dengan pembuat konten lain dari berbagai genre dan telah menumbuhkan pemirsanya secara eksponensial sambil mengembangkan hubungan dalam prosesnya.

Anda akan menemukan semakin besar saluran Anda berkembang dan semakin banyak hubungan yang Anda bentuk, semakin banyak peluang untuk kolaborasi beberapa pembuat konten yang Anda miliki. Banyak saluran YouTube terbesar melakukan ini sepanjang waktu, hanya karena pembuat konten lain ini menjadi teman mereka dan mereka berkumpul bersama dalam kehidupan nyata. Gelombang pasang benar-benar mengangkat semua perahu.

Koneksi dengan pembuat konten lain menjadikan YouTube sebagai situs media sosial, dan melalui kolaborasi beberapa pembuat konten, Anda dapat membentuk ikatan yang ketat dan tim yang bekerja sama untuk melangkah lebih jauh.

Bermitra dengan Orang-Orang Dari Platform Media Sosial Lainnya

Anda dapat berkolaborasi dengan orang-orang di luar YouTube juga. Bintang Instagram, misalnya, memiliki pengikut besar dan dapat mengarahkan pengikut mereka ke saluran YouTube Anda. Dalam contoh ini, The Dealer Playbook , yang berbicara tentang penjualan dan pemasaran otomotif, host ahli pemasaran Instagram Sue B. Zimmerman :

Cara bagus untuk menjangkau luar YouTube adalah mencari blogger, orang-orang dengan pengikut Twitter yang besar, dan halaman Facebook .  Siapa saja dengan pengikut besar atau terlibat adalah kandidat yang baik untuk berkolaborasi.

15: Promosikan Kolaborasi dalam Judul, Tag, dan Deskripsi Video

Anda ingin pemirsa kolaborator Anda menemukan saluran Anda melalui mereka. Jadi tampilkan nama kolaborator dan tunjukkan dengan jelas di thumbnail video. Tambahkan nama mereka ke judul, tag, dan deskripsi . Selain itu, pastikan bahwa kolaborator Anda melakukan hal yang sama untuk Anda di video mereka.

Kekuatan kolaborasi adalah dalam promosi, jadi jangan mengubur lede. Soroti mitra kolaborasi Anda di depan dan di tengah.

Juga, di bagian bawah halaman Info dan Pengaturan video Anda, Anda dapat menambahkan saluran pencipta lainnya di kredit  . Ini menghubungkan saluran Anda ke saluran mereka dalam algoritme dan dapat meningkatkan jumlah tayangan yang direkomendasikan melalui video saluran mereka.

Untuk menemukan bidang kredit , gulir ke bagian bawah halaman Info & Pengaturan pada video Anda, di bawah bidang kata kunci.

Ingin lebih seperti ini? Jelajahi YouTube untuk Bisnis!

Kesimpulan

Untuk menumbuhkan saluran YouTube, Anda perlu mengembangkan konten YouTube dengan pemirsa dan algoritme Anda dalam pikiran.  Untuk pemirsa, pastikan gambar mini Anda menarik perhatian mereka dan memberikan apa yang Anda janjikan. Mulai video Anda dengan hook yang kuat dan edit konten untuk membuatnya tetap menarik. Secara keseluruhan, Anda ingin menciptakan pengalaman yang membuat pemirsa terus menonton.

Untungnya, menarik klik dan membuat pemirsa tetap tertarik juga meningkatkan visibilitas video Anda dan karenanya saluran Anda melalui algoritme YouTube. Konten menarik yang diklik orang, dan itu mengarah ke waktu tonton dan durasi sesi yang bagus, dapat meningkatkan keterlihatan video Anda di seluruh YouTube. Playlists, kolaborasi, seri, dan layar akhir juga meningkatkan peluang Anda.

Apa yang kamu pikirkan? Sudahkah Anda mencoba salah satu dari kiat atau taktik ini di video YouTube Anda? Seperti apa hasil Anda?

Itulah 15 kiat Mengembangkan Saluran Youtube. Jika Anda Rasa Artikel ini Bermanfaat Silahkan klik Share Dibawah.

Share This Post

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Midsummer Madness - 88RISING Dan Terjemahan

Midsummer Madness - 88RISING Feat Joji, Rich Brian & August O8 Arti Lirik Lagu Midsummer Madness - 88RISING Feat Joji, Rich Brian & August O8 Dan Terjemahan Bahasa Indonesia Kumpulan Fakta Sejarah di Indonesia [Chorus: Joji] Last night I lost all my patience Tadi Malam Aku Kehilangan Semua Kesabaranku You were fucked up, I was wasted Midsummer madness Kau Brengsek, Aku Terbuang Sia-Sia Kegilaan pertengahan musim panas I can't take it no more, no more Aku Tidak Bisa Tahan Lagi, Tidak Lagi Fuck the ru-u-u-ules Persetan Dengan Peraturan Ru-u-u-ules Peraturan Ru-u-u-u-oh Ruuuu Oh Fuck the ru-u-u-ules Brengsek Dengan Peraturan Ru-u-u-ules Peraturan Ru-u-u-u-oh Ruuuu Oh [Verse 1: AUGUST08] Make it make sense Buat Itu Masuk Akal Make it make sense, I Can't hide a heart in a black tint, I Buat itu masuk akal, aku Tidak Bisa Menyembunyikan Hati Dalam Warna Hitam, Saya You were off the bullshit and the tablets Kamu Kehabisa...

Lirik Ben (벤) - 180 Degree (180도) Terjemahan

Arti Lirik Ben (벤) - 180 Degree (180도) Terjemahan Ben - 180 Degree 벤 (Ben) – 180도 (180 Degree) Lyrics Genre : Ballad Release Date : 2018-12-07 Language : Korean Kumpulan Fakta Sejarah di Indonesia Hangul 사랑 다 비슷해 그래 다 비슷해 너는 다르길 바랐는데 넌 뭐가 미안해 왜 맨날 미안해 헤어지는 날조차 너는 이유를 몰라 이젠 180도 달라진 너의 표정 그 말투 너무 따뜻했던 눈빛 네 향기까지도 정말 너무나도 달라진 우리 사랑 또 추억 아직 그대로인데 난 이젠 180도 변해버린 지금 너와 나 남자는 다 비슷해 그래 다 비슷해 너는 아니길 바랐는데 말로만 사랑해 거짓말 그만해 헤어지는 날조차 왜 넌 이유를 몰라 이젠 180도 달라진 너의 표정 그 말투 너무 따뜻했던 눈빛 네 향기까지도 정말 너무나도 달라진 우리 사랑 또 추억 아직 그대로인데 난 이젠 180도 변해버린 지금 너와 나 사랑해 말하지 않아도 너의 눈에 쓰여 있었던 그때가 참 그리워 이젠 180도 변해버린 너와 나의 약속 익숙해진 변명 거짓말까지도 모두 진심이라 믿었던 바보 같던 내 사랑 전부 지쳐버렸어 난 이젠 180도 변해버린 지금 너와 나 이젠 너무나도 그리워진 그때 너와 나 Romanization sarang da biseushae geurae da biseushae neoneun dareugil barassneunde neon mwoga mianhae wae maennal mianhae heeojineun naljocha neoneun iyureul molla ijen 180do dallajin ne...

Lirik Lagu Thank You For Goodbye - Ben Terjemahan

Arti Lirik Lagu Thank You For Goodbye - Ben Ter jemahan Ben - Thank You For Goodbye Song : Than You For Goodbye Album : 헤어져줘서 고마워 Label : 메이저나인 under licence to Genie Music Corporation Kumpulan Fakta Sejarah di Indonesia [ Hangul ] 헤어져줘서 고마워 나는 헤어진 게 아니야 정말 헤어져서 고마워 네 맘은 진심이 아니야 같은 말 하게 하지 마 더 미워하게 하지 마 난 안 바뀌니까 아니 내가 정말 잘할게 아냐 사람 마음 쉽게 안 변해 우린 안 봐도 뻔해 맨날 말로만 끝내자 말하면 뭐 해 질질 끌지 말고 헤어지자 그래 오늘은 꼭 헤어지자 그만 미워하고 더 후회하지 말고 그냥 미친 척하고 우리 헤어져 보자 사랑인척하지만 너와 나 이미 다 끝났잖아 되돌릴 수 없잖아 맨날 말로만 끝내자 말하면 뭐 해 질질 끌지 말고 헤어지자 진짜 사랑이 난 그리워 그래 네 마음 다 이해해 함께 있어도 난 외로워 뭐가 됐건 내가 미안해 이해한다고 하지 마 미안하다고 하지 마 듣기 싫으니까 아니 내가 정말 잘할게 원래 사랑이란 언젠간 변해 우리도 변했으니까 맨날 말로만 끝내자 말하면 뭐 해 질질 끌지 말고 헤어지자 그래 오늘은 꼭 헤어지자 그만 미워하고 더 후회하지 말고 그냥 미친 척하고 우리 헤어져 보자 사랑인척하지만 너와 나 이미 다 끝났잖아 되돌릴 수 없잖아 더 이상 시간 끌지 말고 헤어지자 마지막이라고 늘 믿었던 우리 사랑이 이젠 지긋지긋해 더 안 되는 거 붙잡지 좀 말고 제발 질질 끌지 말고 헤어지자 우리 이제 그만 보내주자 결국 생각나고 죽도록 후회해도 더 기대하지 말고 우리 헤어져 보자 이젠 사랑 아니야 너와 나 사랑했던 그때로 돌아갈 수 없잖아 맨날 말로만 끝내자 말하면 뭐 해 질질 끌지 말고 헤어지자 그래 우리 이제 헤어지자 [ Romanization ] heeojyeojwoseo gomawo “...